Rabu, 07 November 2012


Apa itu Scream?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjbXJXHQdkFU2dVhpGgHf2u4K2pVMIt4AlwhDaCyW0ZUlWCIGJpBC74hXa6rAYneJ17oiVmrao-6Dhgrf7Q45PqYPmEVGKayymYq1qxh_muzOt4qMp1RhcNX9lu8ODlssdhWqZkimtucA/s1600/images.jpg
Hmm.. scream yang dimaksud disini adalah teriakan yang sering dilakukan oleh vokalis-vokalis band underground(metal, hardcore,grindcore,..) Waah.. kira-kira kayak gimana ya teriakannya?? Aaarrgghh... hahaha.. oia sebelumnya mungkin teman-teman semua pernah denger suaranya M. shadow(Avenged sevenfold) sama Corey taylor(slipknot) atau nggak yang dari Indonesia kayak Ombat(Tengkorak) sama vicky(burgerkill) saat bawain lagunya mereka? nah, kalo udah apa kalian merasakan sesuatu yang berbeda dari karakter scream setiap vokalisnya??
hayo hayoo.. kira-kira perbedaannya apa...hahaha.. tapi saya yakin teman-teman semua pasti bisa membedakannya sendiri tanpa harus saya yang menjelaskannya, ckckck..

APA SICH SCREAM ITU?
dalam ranah musik metal, hardcore, dan jenis musik underground lainnya, scream sudah menjadi hal yang nggak asing lagi dan menjadi sebuah kebutuhan wajib setiap iringan musiknya. hmm.. benarkah begitu? yupz.. tentu saja sob. karena dengan karakter vokalis yang selalu teriak-teriaklah yang menjadikan ciri khas tersendiri dalam musik aliran bawah tanah khususnya metal, hardcore, grindcore dan lain-lainnya. Waah... serem donk? hihihi.. kalo dibilang serem sich tergantung orang yang dengernya juga.. kebanyakan orang yang kupingnya terbiasa di 'hajar' dengerin lagu-lagu edan sich bukan hal yang aneh lagi kalo nerima serangan scream maut dari musik cadas.. justru disitulah letak unsur keindahannya.. tapi bagi orang yang belum terbiasa dengerin vokal scream dari band hardcore atau metal pasti kesan pertamanya kayak begini,
 "ni band bawain lagu apaan sih..?? udah vokalisnya teriak-teriak gak jelas kayak yang mau berak aja, kagak ngarti gua.. mendingan setel lagu kangen band ajalah.. *???  hohoho.."

JENIS-JENIS SCREAM.
seperti yang kita tahu bahwa scream ada banyak jenisnya.. Hmm.. kira-kira ada berapa yah?? tapi kalo menurut artikel-artikel musik yang saya baca, kayak di artikel A menyebutkan ada 3 jenis tapi di artkel yang B menyebutkan 5 jenis scream? lho kok bisa? jadi, yang benar itu ada berapa...?? bingungkan, bingung? sama om/mba saya juga bingung.. -_-" tapi meskipun begitu saya akan mencoba menjelaskannya dengan fakta yang ada aja.. ini dia jenis-jenisnya :

Growl
biasanya scream jenis kayak gini sering dipake sama vokalis band-band metal khususnya black metal sob.. suaranya berat kayak suara monster terus teknik pengambilan nadanya rendah.. contoh band dengan vokalis scream jenis ini:
- Mahyem
- The death cryptical
- Undergod
- Nile
- Tengkorak
- Death Vomit
- dan masih banyak lagi..

Pig Squeal
sama halnya dengan growl jenis scream ini sering dipake sama band-band metal pada umumnya khususnya death metal.. yang membedakannya itu artikulasi suara yang dihasilkannya gak sejelas growl... yang belum terbiasa pasti kalian akan bingung sama lagu yang dinyanyikan oleh si vokalisnya dech.. Hmm.. sesuai dengan namanya aja pig yang berarti babi, yupz, mirip sekali kayak suara babi yang mau boker, hahaha.. *lol
contoh band dengan vokalis scream jenis ini:
- Death vomit
- jasad
- Disgorge
- Condemned
- Dying fetus
- Dajjal
- dan  masih banyak lagi..


Death Growl
gerutuan/geraman maut itulah arti dari death growl. sebenarnya untuk jenis scream kayak gini percis kayak teknik growl hanya saja gerutuan lebih 'sekarat' lagi dan udah banyak band-band metal yang menggunakannya. tapi untuk menguasai tekniknya nggak semudah teknik growl atau pig squeal..
contoh band dengan vokalis scream jenis ini :
- Mushroomhead
- Nile
- Pittbulls in the nursery
- God among insects
- Annotations of an autopsy
- suicide silence
- dan masih banyak lagi..

Scream/high pitched screamed
Nah, ini mungkin yang terakhir yaitu teknik scream. berbeda dengan tiga jenis scream di atas, scream yang ini lebih cempreng growlnya.. dan biasanya digunakan oleh band beraliran metal maupun hardcore.. kemampuan untuk menguasai teknik seperti ini membutuhkan tenaga ekstra, karena pengambilan nada suaranya yang dipakai sangat tinggi dan ada lengkingan khas. contoh band dengan vokalis scream jenis ini :
- Asking Alexandria
- Attack-attack!
- Alesana
- Burgekill
- Suicide Silence
- bring me the horizon
- dan masih banyak lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar