Rabu, 21 November 2012

Pilar kerangka dalam membangun masyarakat yang berkarakter


1.    Enam pilar kerangka dalam membangun masyarakat yang berkarakter
1.  Trustworthiness (Kepercayaan), Hidup dengan kehormatan dan integritas, berperilaku jujur, berfikir realistis, perkataan sesuai dengan perbuatan, membangun reputasi yang baik, memiliki keberanian untuk melakukan yang benar, memiliki loyalitas terhadap teman, keluarga, bangsa dan Negara.
2.  Respect (rasa hormat), Memiliki rasa saling menghormati, menghormati perbedaan, berperilaku baik dengan tutur kata yang sopan, mempertimbangkan/memahami perasaan orang lain, tidak mengancam, menyakiti maupun melukai orang lain.
3.    Responsibility (rasa tanggung jawab), Melakukan apa yang harus dikerjakan yang menjadi tanggungjawabnya, tekun dan selalu melakukan yang terbaik, menghindari ketidakdislipnan, berfikir sebelum bertindak dan memikirkan konsekuensinya dan memiliki akuntabilitas dalam menentukan pilihan.
4.     Fairness (rasa keadilan), Melakukan sesuatu sesuai dengan peraturan yang berlaku, saling berbagi, memiliki pemikiran yang terbuka dan menghargai pendapat orang lain, tidak menyalahkan orang lain semena-mena.
5.     Caring (rasa kepedulian), Memiliki hati yang baik, kepedulian dan rasa kasih sayang, mengucapkan terima kasih, dan membantu orang lain yang dalam kesulitan.
6. Citizenship (rasa kebangsaan), melakukan sesuatu yang terbaik dan berbagi kepada sesama (menjadi warga yang baik), aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, menjalin hubungan yang baik dengan tetangga dan masyarakat sekitar, mentaati dan mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku, berpartisipasi dalam proses demokrasi, menghormati pemerintah, melindungi lingkungan dari hal-hal yang negatif, bersedia menjadi sukarelawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar